Teknologi Turbin Kondensasi

Type condensing merupakan teknologi pembangkit listrik panas bumi yang paling umum digunakan di Indonesia, dimana turbin dilengkapi dengan unit kondensasi.

Uap yang keluar turbin kemudian dimasukkan ke dalam kondensor vakum-tekanan, sehingga daya output yang dihasilkan lebih tinggi dan lebih efisien. Panas bumi ini sistem pembangkit listrik membutuhkan komponen seperti kondensor, menara pendingin, pompa dan sebagainya (lihat skema diagram di bawah).

Namun, sejauh ini di Indonesia, pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi kondensasi jenis terbatas pada pembangkit skala besar daripada yang kecil, karena kurangnya minat dari investor. Oleh karena itu, adalah tanggung jawab pemerintah untuk mengembangkan pembangkit listrik panas bumi skala kecil , sementara potensi mereka sangat besar khususnya untuk pembangkit listrik perintis atau untuk melayani sebagai pembangkit tenaga listrik selama pengembangan lapangan panas bumi atau pembangunan pembangkit panas bumi skala besar.

Proyek:

Pilot plant  Unit Pembangkit 3 MW Kondensasi Turbin Listrik Tenaga Panas Bumi. Pekerjaanya termasuk Pra-Studi Kelayakan dan Studi Kelayakan, Konsep dan Desain Detil, Spesifikasi Teknis Persiapan, Pengawasan Konstruksi, Fabrikasi dan Instalasi, serta Kinerja Tes.