KATA PENGANTAR

Pusat Teknologi Konversi dan Konservasi Energi adalah suatu unit Kerja BPPT yang melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan serta pengkajian di bidang teknologi konversi dan konservasi  energi, yang akan diaplikasikan di Indonesia, baik untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh PTKKE antara lain kegiatan penelitian dan pengkajian teknologi konversi dan konservasi energi.

Kegiatan penelitian dan pengkajian banyak dilakukan dalam penerapan teknologi konversi energi, baik energi yang terbarukan (renewable energy) seperti Solar Sell , Pembangkit Listrik Geothermal sekala kecil PLTP 2kW dan 100kW kerjasama dengan Star Energy ,untuk kapasitas 3MW kerjasama dengan PT Pertamina Geothermal Kamojang . Selain itu dilakukan juga penelitian dan pengkajian di bidang konservasi berhubungan dengan Smart Bulding ,Power Quality dengan Smart Grid berlokasi di Sumba 500 kWp.

Disamping itu PTKKE juga menjalin kerjasama di dalam negeri baik swasta maupun pemerintah, untuk kerjasama dengan luar negeri antara lain dengan pemerintah Jerman, Jepang. Dari kerjasama ini telah diwujudkan hasil-hasil nyata berupa bantuan dana, peningkatan keahlian, serta fasilitas perangkat lunak dan keras.

PTKKE  ini diharapkan  menjadi pusat unggulan dari teknologi energi yang efisien, handal dan ramah lingkungan di Indonesia.